Jumat, 24 Februari 2012 - 13:28:09 WIB
Tips Menabung
Diposting oleh : Yohanna
Kategori: Berita - Dibaca: 1630 kali

Dear sobat Dearfrenz, kali ini saya mau berbagi pengalaman saya tentang menabung. Ya, kita semua pasti sudah akrab dengan kegiatan menabung ini karena biasanya dari kecil kita sudah diajarkan oleh orangtua kita untuk berhemat dan menabung. Bahkan dulu sengaja orangtua membelikan kita celengan ayam/babi untuk kita isi. Atau mungkin ada juga yang sudah diajak orangtuanya ke bank, dibuatkan rekening tabungan atas namanya sendiri? Ya, apapun itu intinya bertujuan untuk mengajarkan kita hidup hemat, tidak boros dan pandai menyimpan uang sehingga kalau ada keperluan mendadak kita masih memiliki sejumlah uang untuk berjaga-jaga. Misalnya kayak kemarin nih saya mendadak sakit, periksa ke dokter, terus dirujuk untuk ke Laboratorium agar periksa darah. Nah saat itu untunglah saya punya tabungan, kalau gak punya, kan repot?
 
Baru-baru ini, sebuah organisasi survey ternama yaitu Citi Financial Quotient Survey (atau kalau diartikan kurang lebih artinya adalah Survey Kecerdasan Finansial), merilis data baru tentang kebiasaan menabung pada masyarakat Indonesia. Hasilnya sih tidak ada kejutan yang berarti, dimana intinya masih banyak masyarakat kita yang tidak menerapkan kebiasaan pola menabung dengan baik. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa, diperkirakan hanya 47% saja masyarakat kita yang memiliki kebiasaan menabung, itupun hanya sebesar 29% saja yang taat terhadap anggaran belanja yang telah dibuat dan direncanakan sebelumnya.
 
Berikut ini 10 top tips cara menabung dengan mudah yang sangat dianjurkan untuk diterapkan:
 
1. Menganalisis kebiasaan kita yang dilakukan selama tiap bulan-nya. Sebenarnya syarat menabung adalah cukup sederhana yaitu jika pendapatan yang kita peroleh sebulannya adalah lebih besar dari pengeluaran. Jangan seperti peribahasa “lebih besar pasak daripada tiang” ya?  Kamu mesti memilih dan memilah pengeluaran apa yang harus ditekan atau bahkan dihilangkan, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui kebiasaan yang kita lakukan untuk setiap bulan-nya. Caranya gampang: catat semua pengeluaran kamu pada selembar kertas / notes. Ntar kamu bisa lihat pas di akhir bulan, apa saja yang sudah kamu beli/bayar selama sebulan. Lalu pikirkan, penting gak pengeluaran itu, kalau gak penting, kamu bisa menandainya untuk kamu kurangi pengeluaran tersebut. Menurut pengalamanku, dari catatan ini ntar kita bisa terkaget-kaget melihat perilaku boros kita, dan jangan lupa langsung bertobat,ya? Hehehe :P
 
2. Sisihkan uang di awal bulan. Lho kenapa gak akhir bulan saja? Hmm… Menurut pengalamanku, biasanya jika kita ingin menabung dengan uang sisa di akhir bulan, maka jumlah uang yang tersisa justru sedikit bahkan terkadang tidak ada, iya gak? Hehehe. Karena itu, lebih baik kamu menetapkan jumlah tabungan per bulannya, taati dengan menabungnya di awal bulan.
 
3. Tentukan tanggal untuk menabung, tentu hal ini tidak menjadi masalah jika kita memiliki gaji bulanan (bagi yang sudah bekerja atau bagi yang mendapat uang saku bulanan dari orang tuanya). Misalnya: kamu sepakat nabungnya tiap tanggal 10, maka harus ditaati. Bagi yang masih sekolah dan diberi uang saku secara harian, kamu dapat menyisihkan dari uang saku kamu untuk ditabung secara harian, ini lebih gampang. Tapi harus ditaati agar tercapai tujuan menabungnya.
 
4. Jika kita memiliki utang, misalnya hutang ke bank maka prioritaskan untuk segera melunasi hutang tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui bunga hutang nilainya lebih besar dari pada nilai bunga menabung. Jika hutang sudah terlunasi, maka akan lebih memudahkan kita untuk melakukan kegiatan menabung secara konsisten tiap bulannya.
 
5. Baik, kemudian jika kebiasaan menabung sudah berjalan dengan agak baik, maka mulailah untuk tetap berusaha menabung secara konsisten tiap bulannya. Bahkan jika perlu dan memungkinkan lebih baik ikut program investasi dimana biasanya dapat menarik uang otomatis (auto-debet) tiap bulannya untuk di tabung. Banyak Bank yang menawarkan program jenis ini, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Jumlah setoran yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 50.000/bulan, Rp 100.000/bulan, Rp 200.000/bulan dan sebagainya
 
6. Setelah kegiatan menabung benar-benar dapat berjalan dengan baik, maka selanjutnya motivasi diri kita untuk meningkatkan nilai jumlah tabungan untuk tiap bulannya. Banyak motivasi yang dapat digunakan dalam hal ini, misalnya seperti ingin membeli HP terbaru, ingin memberi ongkos naik haji orang tua, niat liburan keliling nusantara atau bahkan ke luar negeri dengan orang-orang yang kita cintai, dan masih banyak jenis motivasi lainnya dimana yang mengetahui hal ini lebih detailnya adalah diri kita masing-masing.
 
7. Setelah motivasi besar dalam menabung sudah ada, maka sebaiknya kita bergerak ke tingkatan yang lebih tinggi. Gunakan prasarana untuk mewujudkan motivasi kita tersebut. Banyak sarana yang dapat kita pilih, seperti menggunakan rekening tabungan yang tidak bisa di sentuh dalam jangka waktu tertentu seperti deposito, dll.
 
8. Walaupun kita sudah berjalan untuk menabung dengan jumlah yang di atas rata-rata, maka lantas jangan meremehkan jumlah yang recehan. Tidak ada salahnya membeli celengan untuk menabung uang recehan yang kita miliki daripada digunakan untuk keperluan yang gak penting! Karena seperti pepatah yang sudah kita dengar begitu akrab dari kecil, walaupun sedikit-sedikit tapi lama-lama menjadi bukit. Dan hal ini mungkin akan berguna bagi kita suatu saat.
 
9. Kemudian gunakan penghasilan tambahan (diluar penghasilan pokok) yang jika kita dapat, maka sebaiknya segera ditabung, jangan sebaliknya malah dimasukan ke dalam kantong buat kebutuhan sehari-hari jika tidak ada kebutuhan yang penting. Kebiasaan ini dapat membuat tabungan kita lebih cepat bertambah tiap bulannya.
 
10. Dan untuk tips terakhir mungkin agak terdengar klise dan membosankan, yaitu berusahalah untuk memiliki kebiasaan hidup hemat. Jangan menyepelekan hal ini, karena jika kita terapkan dengan benar dan diikuti dengan usaha mencari uang dengan konsisten maka yakinlah kita akan jauh dari kesulitan keuangan! Kemudian jika kita sudah memiliki kebiasaan baik untuk mau hidup hemat, maka jangan sekali-kali untuk mencoba pola hidup boros, karena pada prinsipnya kita tahu untuk menumbuhkan kebiasaan baik sangatlah susah, sebaliknya untuk merusak kebiasaan baik sangatlah mudah.
 
11. Jangan lapar mata. Kalau dari awal kamu sudah menetapkan menabung untuk tujuan berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak terduga atau bersifat mendadak, maka kamu harus konsisten dan tanamkan niat dengan kuat bahwa kamu tidak akan menggunakan uang tabunganmu selain untuk hal-hal yang mendadak tersebut. Jadi jangan karena sudah punya tabungan, pas ada Handphone terbaru, kamu langsung ingin menghabiskan tabunganmu untuk membelinya, ya? Mesti konsisten, lho ;)
 
12. Naikkan jumlah tabungan per bulannya bila penghasilan / uang saku kamu bertambah. Dengan cara ini, tabungan kamu pun bias bertambah lebih cepat lho. 
 
Nah itulah tips-tips menabung dari saya untuk sobat-sobat Dearfrenz. Kiranya kita semua dapat belajar menabung dari sekarang.  Tak ada kata terlambat untuk menabung. Mulailah menabung sedini mungkin, sehingga hasil yang didapat juga lebih maksimal. Salam ^_^
 
 
Sumber:
1. Harian Kompas
2. Tabloid Nova
3. http://marikemari.com/10-top-tips-cara-menabung-dengan-mudah/
 
Kiriman: Ana Handi
http://www.dearfrenz.com/profile/LihnNana85 
 



70 Komentar :

kata kata cinta romantis
09 Juni 2014 - 11:54:39 WIB

iyahh okk makasih banyak tipsnya sangat bermanfaat
http://cinta009.blogspot.com/

www.norsk-kasino.com
23 September 2014 - 05:13:11 WIB


Useful info. Lucky me I found your web site unintentionally, and I'm stunned why this coincidence didn't happened earlier! I bookmarked it.
gratis bingo
24 September 2014 - 13:36:43 WIB


Simply wish to say your article is as astounding. The clarity in your post is simply nice and i can assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the gratifying work.
ravintolisät lihasmassan kasvatukseen
04 Oktober 2014 - 12:33:14 WIB

Będące witaminy b2 tudzież kroczysz nadto dowolnym wespół powyszukiwać tam podąża
Jasa SEO Murah
12 Oktober 2014 - 14:19:36 WIB

Its like you read my mind! You seem to know so much about
this, like you wrote the book in it or something.
I think that you could do with a few pics to drive the message home a little bit, but instead of that, this is
magnificent blog. A fantastic read. I'll certainly be back.
http://keanu.hol.es/
Pulau Tidung
14 Oktober 2014 - 22:53:43 WIB

I'm gone to say to my little brother, that he should also pay a visit this webpage on regular
basis to take updated from most up-to-date information.
http://pulautidung.hol.es/
Jasa SEO
16 Oktober 2014 - 07:04:45 WIB

Stunning story there. What happened after? Thanks!
http://is.gd/IcPyO0
Pulau Harapan
17 Oktober 2014 - 03:52:30 WIB

Howdy just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images
aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking issue.

I've tried it in two different web browsers and both show the same outcome.
http://blogpulautidung.hol.es/
pemandangan Pulau Pari
18 Oktober 2014 - 08:53:54 WIB

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied
on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why
waste your intelligence on just posting videos to your blog when you could be
giving us something informative to read? http://blog-wisata-pulau-pari.hol.es/
Roller Blind Terbaik
18 Oktober 2014 - 22:09:39 WIB

Great post. I used to be checking constantly this weblog
and I am impressed! Very useful information specifically the
remaining part :) I deal with such information a lot. I used to be seeking
this certain information for a very long time.
Thank you and best of luck. http://roller-vertical-blind-murah.hol.es/
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 7 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)